Kategori
Kesehatan

Cara Efektif Mengatasi Hidung Tersumbat

Dikutip dari laman De Nature Indonesia, Hidung tersumbat adalah masalah yang sering dianggap sepele, namun dapat mengganggu aktivitas bahkan menurunkan kualitas hidup penderitanya.

Hidung tersumbat atau mampet terjadi akibat peradangan di saluran pernapasan, sehingga struktur di dalam hidung mengalami pembengkakan. Kondisi ini biasanya terjadi akibat flu (selesma), alergi, maupun infeksi sinus (sinusitis).

Bersin-bersin, kesulitan bernapas, suara berubah menjadi sengau, dan meler adalah beberapa keluhan yang menyertai hidung tersumbat.

Saat hidung mampet melanda, Anda dapat mencoba melakukan beberapa home remedies untuk mengurangi gejala. Berikut adalah beberapa cara mengatasi hidung tersumbat yang dapat Anda coba lakukan:

  1. Gunakan Humidifier

Humidifier adalah sebuah alat yang dapat mengubah air menjadi uap, yang kemudian diembuskan ke udara untuk meningkatkan kelembapan ruangan.

Kondisi udara yang lembap dapat membantu melegakan saluran pernapasan, serta mengencerkan lendir di sinus Anda.

  1. Mandi Air Hangat

Cara mengatasi hidung tersumbat berikutnya adalah dengan mandi menggunakan air hangat. Hal ini akan membantu mengencerkan lendir serta mengurangi peradangan di sinus.

Meski tidak menjamin akan menghilangkan hidung mampet seutuhnya, mandi air hangat akan membuat Anda merasa lebih nyaman selama beberapa saat.

  1. Asupan Cairan Cukup

Hidrasi atau kecukupan cairan adalah salah satu kunci untuk mengatasi hidung tersumbat. Atas dasar itu, pastikan Anda selalu mengonsumsi air putih dalam jumlah cukup setiap hari, khususnya saat hidung sedang mampet.

Cairan akan bantu mengatasi peradangan, serta mengencerkan dahak sehingga pernapasan akan terasa lebih lega. Anda dapat menggunakan air dengan suhu biasa atau air hangat.

  1. Kompres Hangat pada Hidung

Salah satu obat hidung tersumbat yang sederhana lainnya adalah dengan melakukan kompres hangat pada bagian hidung dan wajah.

Kompres hangat dapat membantu mengurangi rasa nyeri akibat sinusitis dan melegakan hidung. Anda dapat melakukannya dengan menggunakan waslap yang dibasahi air hangat.

  1. Pijat Hidung dan Pipi

Untuk mengatasi hidung mampet, Anda juga dapat melakukan pijat hidung dan pipi. Tindakan ini dapat dilakukan bersamaan atau setelah Anda mengompres hangat di area tersebut.

Lakukan pijatan dengan jari telunjuk. Pijat bagian tepi hidung selama 30 detik dan diulang sampai beberapa kali hingga Anda merasa lebih baik.

  1. Semprot Hidung dengan Air Garam

Langkah lain untuk mengatasi hidung tersumbat adalah melakukan semprot hidung dengan air garam.

Anda dapat menggunakan produk nasal saline spray yang memang mengandung air garam (saline). Cairan garam dapat membantu mengencerkan lendir serta melembapkan saluran pernapasan.

  1. Cuci Hidung

Anda juga dapat secara rutin melakukan cuci hidung menggunakan cairan garam. Anda dapat menggunakan alat khusus cuci hidung dan mengisinya dengan cairan garam khusus. Setelah itu, alirkan cairan tersebut dari masing-masing lubang hidung.

Cuci hidung dapat bantu membersihkan saluran pernapasan, dan melegakan hidung tersumbat. Anda mungkin perlu berkonsultasi dengan dokter mengenai cara tepat melakukan terapi tersebut agar manfaatnya lebih optimal.

  1. Hirup Uap Rebusan Air

Cara menghilangkan hidung mampet berikutnya adalah dengan menghirup uap panas dari air rebusan.

Anda dapat menggunakan air biasa atau air yang sudah dicampurkan herbal, misalnya daun mint, atau diteteskan dekongestan alami, seperti minyak kayu putih.

  1. Konsumsi Makanan Hangat

Konsumsi sup hangat juga dapat membantu mengurangi keluhan hidung tersumbat. Uap yang keluar dari sup bisa melegakan saluran pernapasan Anda.

  1. Berkumur dengan Air Garam

Berkumur dengan air garam merupakan salah satu cara mudah mengatasi hidung tersumbat, khususnya bila disertai keluhan lendir kental di belakang tenggorokan.

Baca Juga: Perawatan Alami Mengatasi Hidung Tersumbat Di Rumah

Itu dia cara mengatasi hidung tersumbat yang bisa Anda coba di rumah. Apabila keluhan berlanjut, terasa semakin berat, ingus atau lendir hidung semakin kental dan berwarna hijau disertai bau, atau muncul keluhan lainnya, ada baiknya segera berobat ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.