Kategori
Penyakit Kutil Kelamin

Apakah Penyakit Jengger Ayam Bisa Sembuh Total?

Salah satu gangguan pada kulit adalah kutil. Kutil merupakan pertumbuhan kulit di bagian Iapisan paling Iuar. Kutil bisa tumbuh dimana saja. Kalau di wajah tentu akan mengganggu penampilan, apalagi bagi perempuan.

Dermatologist & Aesthetic Consultant Skin A Dermatology & Aesthetic Clinic Surabaya, dr. Ellen Sidowati, Sp.KK mengatakan, dari sekian banyak jenis kutil, yang paling perlu diwaspadai adalah kutil pada kulit kelamin (Kondiloma akuminata). Dalam ilmu kedokteran, kutil kelamin digolongkan dalam type 6 dan 11,

“Orang sering menyebut jengger ayam. Kutil kelamin termasuk penyakit infeksi menular seksual pada kulit dan mukosa. Penyebabnya dikarenakan virus human papiloma virus atau HPV,” kata Ellen, Sabtu (27/1).

Ellen mengatakan, virus HPV yang bisa menyerang siapa saja. Baik pria maupun wanita. Oleh karenanya penting menjaga kesehatan dan kebersihan seputar organ intim.

“Orang yang paling rentan terserang virus ini adalah orang yang sering berganti pasangan.Terlebih, bila si penderita memiliki riwayat penyakit menular seksual,” ungkapnya.

Tak hanya di sekitar alat kemaluan, kutil juga bisa terdapat di anus atau bahkan mulut, bahkan di dalam vagina. “Cara penularannya adalah melalui kontak kulit,” tegas Ellen.

Tanda-tanda dini yang patut diwaspadai antara lain merasakan rasa nyeri pada daerah sekitar alat kelamin, gatal-gatal, benjolan warna keabuan atau sewarna dengan kulit, kecil di area genital. Beberapa kutil tumbuh berdekatan sehingga berbentuk menyerupai kembang kol. Perdarahan saat berhubungan seksual.

“Lama kelamaan jadi sakit yang tidak tertahan, terlebih setelah berhubungan seksual. Timbulnya keputihan abnormal apabila kutil sampai masuk ke dalam vagina. Keputihan merupakan sebuah hal yang normal, biasanya akan keluar ketika menjelang menstruasi dan sesudah menstruasi,” jelas Ellen.

BACA JUGA: OBAT KUTIL KELAMIN DE NATURE | 3 HARI RONTOK

Jika kutil berada di luar atau yang secara kasat mata terlihat, maka dokter akan dengan mudah mengenalinya. Namun apabila berada di dalam, misalnya di leher rahim (serviks), maka diperlukan pemeriksaan tambahan.

Dalam hal ini dokter bisa mengaplikasikan larutan asam asetat ringan pada area genital. Jika ada kondiloma di daerah tersebut maka area tersebut akan berubah putih. Kemudian dokter akan memeriksa secara spesifik dengan alat yang dinamakan kolposkopi.

Jika imunitas pasien tinggi, kutil akan hilang dengan sendirinya. “Kalau daya tubuh pasien rendah, kutil akan menetap bahkan tumbuh menjadi besar,” terang Ellen.

Untuk menyembuhkan penyakit ini, biasanya dokter akan memotong dengan laser dan membakarnya. “Tidak bisa disembuhkan dengan obat oral atau salep,” tegas dia.

Ellen menegaskan, penularan kutil kelamin tidak bisa melalui pembalut wanita. “Kalau pembalutnya bersih dan baru, ya tidak akan menular. Kalau ada virusnya, baru bisa menular,” tutur Ellen. (ang/hen)